Sejuknya Air Terjun Bossolo’ di Tanah Gersang Sulsel

by
Air Terjun Bossolo' . Foto by M Salman Efendi

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini paling cocok untuk menggambarkan pesona wisata alam di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Daerah yang berjuluk Butta Turatea ini memang terkenal dengan tanah yang gersang. Namun, itu gambaran Jeneponto yang dulu. Atau bagi Anda yang hanya sekadar lewat di jalan Poros Jeneponto. Tak mencoba menelusuri Jeneponto yang tersembunyi di bagian dalam.

Jika Anda ingin menikmati alam Jeneponto, mungkin bisa mengatur jadwal. Ada banyak tempat wisata tersembunyi di daerah ini. Sebut saja diantaranya adalah air terjun Bossolo’ di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia. Sebelum dikenal luas, air terjun ini disebut air terjun Tama’lulu. Berada di antara bebukitan dan gunung yang hijau.

Untuk mencapai dapat menempuh dari arah ibukota Kabupaten Jeneponto sekira 27 kilometer. Anda akan disambut pesona alam yang masih tak terjamah. Mata Anda akan disegarkan dengan suasana desa seperti aktivitas petani. Benar-benar akan menghilangkan kebosanan dari hiruk-pikuk perkotaan.

Sebelum mencapai lokasi, harus berjalan beberapa ratus meter. Namun, sudah tersedia tempat perkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang disiapkan warga. Cukup menyediakan uang kecil Rp3 ribu atau Rp5 ribu. Perjalanan dilanjutkan melalui rute yang sedikit terjal, bebatuan. Beberapa mungkin becek dan licik jika saat musim hujan.

Air Terjun Bossolo’ Kabupaten Jeneponto. Foto by M Salman Efendi

Seperti biasanya, kelelahan akan terbayar dengan pemandangan elok sebelum mencapai lokasi air terjun. Pilihan lain Anda dapat menanjak gunung untuk berselfie. Dari sini dapat mengabadikan foto berlatar air terjun Bossolo’. Puas melepas lelah dapat melanjutkan perjalanan ke lokasi air terjun.

Di sana dapat melepas penat dan gerah dengan siraman air segar yang jatuh berhamburan. Namun, harus berhati-hati karena di dalam jatuhan air terdapat bebatuan yang licin. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman secukupnya untuk melancarkan tour wisata Anda di Air Terjun Bossolo’ Jeneponto.

“Awalnya sih biasa. Pas sampai di sana luar biasa pemandangannya. Spot keren banget walaupun akses jalan yang butuh perjuangan,”kesan Salman Efendi, salah seorang pengunjung kepada Beritajeneponto.com, Minggu 5 Maret 2017.

Foto by Muhammad Salman Efendi