Setelah di Perangko, Pelukis Affandi Koesoema Muncul di Doodle Google

by

JAKARTA,BJ – Hari ini Google Doodle mengingatkan kita pada Affandi Koesoema, seorang tokoh dan seniman ternama di Indonesia. Karya Affandi pun muncul sebagai doodle di halaman utama situs Google di Indonesia, Senin 1 Mei 2017.

Hari ini adalah ulang tahun kelahiran Affandi yang ke-110. Affandi tak lain adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia. Tak cuma terkenal di Indonesia, karena karya lukisnya dia bahkan dikenal penggiat seni lukis di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Maklum pada tahun 1950-an ia pernah menggelar pameran tunggal di negara tersebut.

Semasa hidupnya, Affandi termasuk pelukis aktif dan produktif. Tercatat lebih 2 ribu karya lukis dia buat. Awal karirnya saat mulai bergabung di komunitas pelukis Lima Bandung tahun 1930-an. Tahun 1943, Affandi membuktikan diri dengan pameran tunggal pertamanya di Gedung Poetera Djakarta yang saat itu sedang berlangsung pendudukan tentara Jepang di Indonesia.


Berkat karyanya, potret diri Affandi diabadikan dalam perangko Indonesia seri Seniman Indonesia tahun 1997. Gambar seperti pada perangko itu juga yang muncul di Google Doodle 1 Mei 2017 hari ini. Pada tahun 1977 ia mendapat Hadiah Perdamaian dari International Dag Hammershjoeld. Komite Pusat Diplomatic Academy of Peace PAX MUNDI di Castelo San Marzano, Florence, Italia turut mengangkatnya menjadi anggota Akademi Hak-Hak Asasi Manusia.

Penghargaan di dalam negeri pun demikian. Seperti penghargaan “Bintang Jasa Utama” yang dianugerahkan Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1978. Dan sejak 1986 ia juga diangkat menjadi Anggota Dewan Penyantun ISI (Institut Seni Indonesia) di Yogyakarta. Bahkan seorang Penyair Angkatan 45 sebesar Chairil Anwar pun pernah menghadiahkannya sebuah sajak yang khusus untuknya yang berjudul “Kepada Pelukis Affandi”.