Chinese Dragon Boat Festival 2017 di Google Doodle

by

BEIJING,BJ – Festival Perahu Naga atau Dragon Boat Festival menjadi Doodle Google di Tiongkok (China), Selasa 30 Mei 2017. Dalam bahasa Mandarin disebut Duan Wu Jie.

Festival ini berasal dari salah satu perayaan budaya tradisional Tiongkok yang sudah berumur lebih dari 2000 tahun. Perlombaan ini dirayakan biasanya pada tanggal 5, bulan 5 pada penanggalan kalendar Lunar setiap tahunnya atau jatuh pada bulan Juni pada penanggalan internasional (Gregorian).
 
Tradisi ini berawal dari kisah seorang mantan menteri dan penasihat kaisar yang jujur dan setia, Qu Yuan (340-278 SM). Dia difitnah dan dipecat dari kerajaan Chu pada jaman periode negara-negara berperang (475-221 SM), Qu Yuan kemudian menjadi rakyat jelata dan seorang penyair serta pujangga yang terkenal di Tiongkok.

Qu Yuan (340-278 SM) dalam legenda melakukan aksi bunuh diri dengan meloncat ke sungai Miluo (propinsi Hunan). Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes dan kekecewaannya atas perilaku pejabat lainnya yang menyebabkan kekalahan negara Chu oleh Qin sejak kepergiannya. Warga kala oitu kehilangan Qu Yuan yang dicintainya itu, berupaya untuk mencari jenazahnya,

Penduduk setempat mencari jenazah Qu Yuan dengan menggunakan perahu sambil memukul tambur agar para ikan pergi menjauh. Dari sinilah lahir sebuah tradisi perayaan dalam kebudayaan Tionghoa untuk mengenang Qu Yuan setiap tahunnya.