Alhamdulillah, UNM Makassar Resmi Akreditasi A

by

MAKASSAR,BJ – Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi meraih predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hasil penelusuran di situs resmi BANPT, UNM berakreditasi A berdasar Surat Keputusan No.1465/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017.

Status akreditasi UNM berlaku dan akan berakhir pada 23 Mei 2022. Akreditasi A juga diraih Universitas Hasanuddin (Unhas) yang ditetapkan 2013 hingga 2018. Akreditasi terhadap PTN atau PTS memiliki banyak manfaat bagi utamnya alumni.

Akreditasi merupakan pengakuan atas suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal sehingga lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan praktek profesinya. Akreditasi juga sebagi filter untuk melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ciri akreditasi oleh BAN PT adalah penilaian yang dilakukan oleh pakar sejawat dari luar institusi terkait (external peer reviewer) dan dilakukan secara voluntir bagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan suatu program studi. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap komponen dari masukan, proses, dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor.

Sedangkan Kriteria penilaian untuk akreditasi program studi terdiri atas:

-Identitas
-Izin penyelenggaraan program studi
-Kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-undangan
-Relevansi penyelenggaraan program studi
-Sarana dan prasarana
-Efisiensi penyelenggaraan program studi
-Produktivitas program studi