Asmin Laura Hafid, Bupati Muda dan Cantik Kabupaten Nunukan Asli Suku Bugis

by

NUNUKAN,BJ – Tahukah Anda Bupati muda dan cantik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Asmin Laura Hafid, adalah keturunan Bugis Bone. Kedua orang tua Bupati yang masih berumur 31 tahun itu adalah asli suku Bugis.

Ayahnya adalah Haji Abdul Hafid Achmad, mantan Bupati Nunukan dua periode. Hafid Achmad adalah putra Bugis Bone, Sulsel yang sukses di perantauan. Sebenarnya Asmin Laura Hafid lahir di Tawau, Sabah, Malaysia pada 10 Agustus 1985. Dia menjabat bupati Nunukan periode 2016 hingga 2021 setelah memenangkan Pilkada 2015.

Dia memulai karir politik saat berhasil menjadi anggota DPRD Kaltim 2009-2014. Namun, karir politiknya terhambat setelah gagal di Pilkada 2011. Dia lalu terpilih sebagai anggota legislatif 2014-2019 di Kalimantan Utara. Prinsip petarung putri Bugis ini tak pernah padam. “Ada kemauan, ada jalan. Satu pintu tertutup, masih ada pintu lain,”demikian motto dari Asmin Laura Hafid.

Dia pun rela meninggalkan status anggota DPRD Kaltara yang masih tersisa 4 tahun demi Pilkada Nunukan 2015. Akhirnya perjuangan Asmin Laura Hafid berhasil menundukkan petahana Basri dan Asmah Gani yang maju terpisah.