Profil Eva Ekeblad

by

JAKARTA,BJ – Inilah profil Eva Ekeblad, orang yang pertama membuat tepung dari kentang. Foto dan gambaran karya Eva Ekeblad menghiasi halaman utama Google, Senin 10 Juli 2017. Hari ini tepat ulang tahun Eva Ekeblad atau akrab dengan Eka Ekblab yang ke-293 tahun.

Halaman utama situs Google di sejumlah negara termasuk Indonesia, ikut merayakan ultah Eva Ekeblad dengan doodle. Dialah penemu cara membuat tepung dan alkohol dari kentang. Karyanya itu diakui Swedia sebagai penemuan bermanfaat.

Pasalnya dengan tepung kentang, dapat meningkatkan pasokan gandum, gandum hitam, dan jelai yang tersedia untuk membuat roti. Kentang dapat pula digunakan sebagai dasar pengganti alkohol. Dampak bagi negara Swiss mengubah kebiasaan makan, lalu mengurangi tingkat kelaparan pada masyarakat.

Penemuan ilmiahnya itu ia bukukan pada tahun 1746. Ekeblad menulis untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia karena ia menemukan cara membuat tepung dan alkohol keluar dari kentang. Ia juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada 1751, dan mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang pada tahun 1752.

Pada tahun 1748, Eva Ekeblad menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia. Eva tutup usia pada 15 Mei 1786.

Eva Ekeblad – Ahli botani
Lahir: 10 Juli 1724, Stockholm, Swedia
Meninggal: 15 Mei 1786, Lidköping, Swedia
Anak: Ulrika Fock Ekeblad, Agneta Sofia Ekeblad, lainnya
Buku: Children, learning, numbers
Orang Tua: Magnus Julius De la Gardie, Hedvig Catharina De la Gardie