Desainer Eiko Ishioka Ternyata Menikah di RS Sebelum Meninggal

by

JAKARTA,BJ – Google hari ini Rabu 12 Juli 2017 merayakan hari kelahiran desainer ternama Jepang Eiko Ishioka. Lima tahun lalu dia menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit akibat penyakit kanker yang diderita.

Eiko Ishioka sempat menikahi kekasihnya yang juga rekan kerjanya, Nicholas Soultanakis, beberapa bulan sebelum meninggal dunia. Pernikahan itu digelar di rumah sakit tempat Eiko Ishioka menjalani perawatan.

Eiko Ishioka lahir di ibukota Jepang, Tokyo, 12 Juli 1938. Meninggal 5 tahun lalu, tepatnya 21 Januari 2012 pada usia 73 tahun. Dia terkenal sebagai seorang perempuan penata seni, perancang busana, dan perancang grafis di Kota Tokyo. Bahkan karya seninnya sudah banyak mendapat penghargaan.

Karya desain Eiko Ishioka mendapat penghargaan Oscar untuk karya Desain Kostum Terbaik di film Bram Stoker’s Dracula. Karya sama juga masuk nominator Oscar untuk film Mirror Mirror yang disutradarai oleh Tarsem Singh.

Semasa hidupnya Eiko Ishioka mengabadikan karyanya lewat tulisan. Bahkan sederet buku karya Eiko Ishioka telah diterbitkan seperti Eiko by Eiko, Eiko on stage, Eiko: Eiko Ishioka, impératrice du design japonais.