Alhamdulillah, Israel Lepas Pintu Detektor Logam di Masjid Al Aqsa

by

Israel akhirnya mencopot pintu gerbang detektor logam yang dipasang di Masjid Al Aqsa. Sukaria warga Palestina pun terlihat saat mobil mengangkut gerbang itu keluar dari Masjid.

“Dan akhirnya semua gerbang pintu elektronik di al aqsha dilepas. Alhamdulillah. Kemenangan semakin dekat. Aamiin. ! #prayforalaqsha,”tulis akun Anggraeni yang aktif membagikan info terbatu di Palestina. Langkah ini dilakukan Israel atas permintaan demonstran muslim yang membanjiri lokasi Masjid.

Ribuan warga Palestina bersuka cita dan menggelar perayaan di jalan. Ketua Komite Islam tertinggi, Ikrema Sabri, mengatakan bahwa bahkan setelah Israel melepaskan detektor logam dari lokasi, diperlukan lebih banyak langkah untuk mengembalikan ketenangan.

Tidak jelas apakah pemindahan pagar dan jembatan luar Israel untuk memenuhi tuntutan tersebut, namun orang-orang Palestina menari, meneriakkan “Allahu Akbar” dan menyalakan kembang api pada Kamis pagi.

Israel memasang langkah-langkah keamanan baru awal bulan ini setelah orang-orang bersenjata Arab menembak dan membunuh dua petugas polisi dari dalam lokasi tersebut. Dikatakan bahwa mereka perlu untuk mencegah lebih banyak serangan, sementara orang-orang Palestina mengklaim bahwa Israel berusaha memperluas kontrolnya atas situs tersebut. Isu tersebut memicu beberapa bentrokan jalanan terburuk dalam beberapa tahun dan mengancam untuk menarik Israel ke dalam konflik dengan negara-negara Arab dan Muslim lainnya.

Di bawah tekanan kuat, Israel melepas detektor logam dan mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk memasang kamera keamanan yang canggih.