Hampir Pasti, 4 Pasangan Calon Gubernur Sulsel 2018 Ini Akan Bartarung

by

MAKASSAR,BJ – Manuver politik bakal calon gubernur untuk Pilkada Sulsel 2018 mulai mengerucut. Hampir dipastikan 4 pasangan calon akan bertarung pada Pilkada serentak 2018.

Setelah banyak terjadi perubahan komposisi, kini dua pasangan sudah ‘mendeklarasikan’ diri. Pertama pasangan Nurdin Halid-Aziz Kahar Muzakkar (NH-Aziz). Didukumg oleh Partai Golkar NH-Aziz lebih dulu melakukan deklarasi.

Tentu tak perlu repot memburu partai pengusung karena kursi DPRD untuk Golkar sudah mmungkinkan mengusung satu pasangan. Menyusul Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka). Kedua pasangan ini diusung oleh PAN dan PPP. Sebelumnya IYL kerap mesra dengan Rusdi Masse (RMS).

Namun “keretakan’ terlihat sejak pencalonan gubernur diambil alih DPP NasDem. Lalu muncullah kabar bahwa Nasdem dan PDIP bakal mengusung Nurdin Abdullah-Rusdi Masse (NA-RMS). Beberapa kesempatan RMS memberikan isyarat, siap apakah menjadi pendamping atau sebagai calon gubernur.

Poros lain yang mulai terlihat mesra adalah pasangan Agus Arifin Nu’mang-Aliyah Ilham. Pasangan ini sepertinya berpeluang diusung PKB dan Demokrat di Pilgub. Lalu kemana arah dukungan partai besar seperti Gerindra? Kita tunggu saja karena peta pencalonan masih dinamis dan cepat berubah penuh kejutan.