Penerimaan CPNS 2017 Jalur Cum Laude Tingkatkan Prestasi Akademik

by

PADANG,BJ – Para generasi bangsa yang saat ini baru saja memasuki masa perkuliahan Strata 1 akan bertambah semangat belajar agar dapat meraih Indeks Prestasi yang sempurna, karena mulai tahun 2017, Pemerintah telah menetapkan sebuah formasi CPNS yang diterima yaitu lulusan Cum Laude. Kebijakan ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur saat memberikan kuliah umum kepada 6000 Mahasiswa Baru Universitas Andalas Tahun Akademik 2017/2018 di Kampus Unand, Padang, (Selasa, 1/8).

Pada kesempatan ini MenPANRB memberikan materi berjudul “Menciptakan Aparatur Negara yang Berintegritas dan Berkualitas melalui Reformasi Birokrasi”. Menteri Asman yang merupakan alumni Universitas Andalas menjelaskan bahwa para Aparatur Sipil Negara telah melalui sebuah proses yang dinamakan Reformasi Birokrasi, dimana kini pelayanan yang diberikan kepada masyarakat telah berbasis profesionalitas dan pelayanan prima. “Tidak ada lagi pelayanan publik yang sulit ataupun ribet. Semua sistem telah terdigitalisasi dan dapat diakses secara online oleh masyarakat,” tegas MenPANRB.

Lebih lanjut lagi, Menteri Asman yang kini juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Andalas menyampaikan bahwa Para ASN kini telah menuju SDM yang berintegritas serta memiliki kualitas dan kualifikasi tinggi. “Indonesia harus mampu bersaing secara global dengan negara maju. Dan ini dimulai dengan Aparatur yang memiliki pendidikan yang baik.” ujar MenPANRB.

Sebagaimana telah diumumkan sebelumnya, mulai hari ini 1 Agustus 2017 Pemerintah membuka secara online pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM RI, dimana terdapat formasi lulusan Cum Laude sebanyak 10% dari total CPNS yang akan diterima tahun ini.

Diharapkan ke depan lebih banyak lagi Mahasiswa berprestasi akademik yang baik sehingga jajaran ASN di Indonesia memiliki aparatur berkualifikasi serta berkompetensi agar mampu bersaing secara internasional.

Acara pembukaan Bakti Mahasiswa Baru Unand 2017 dan Kuliah Umum Bersama Menteri PANRB tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat H. Nasrul Abit , Bupati Padang Pariaman H. Ali Mukhni, Rektor Universitas Andalas Prof. Tafdil Husni, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian PANRB Shadique Pasadigoe, serta seluruh jajaran rektorat Universitas Andalas. (arl/Humas MenPANRB/foto ist )