Mahasiswa UNM Latih Warga Jeneponto Membuat Deterjen dari Garam

by

JENEPONTO,BJ – Garam biasanya bermanfaat untuk bumbu penyedap makanan seperti sayur. Kini warga Jeneponto Sulsel sudah bisa membuat sabun cuci cair atau deterjen dari olahan garam.

Memang daerah berjuluk Butta Turatea itu terkenal dengan garam melimpah. Hal itu pula yang membuat mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) di Jeneponto Kelurahan Bontorannu melatih Masyarakat membuat deterjen cair dari garam. Beberapa warga pun berhasil membuat deterjen dari garam.

“Ini pengetahuan baru untuk mengolah garam menjadi deterjen. Sangat bermanfaat untuk usaha keluarga,“ ujar Daeng Gassing salah satu peserta pelatihan di Aula SD No.15 Nasara, Ahad (6/8/2017). Pelatihan ini mendapat dukungan aparat pemerintah setempat.

“Kita dukung kegiatan seperti ini. Melatih warga mandiri sehingga diharapkan mampu untuk meningkatkan prekonomian masyarakat,”kata Tamsil dg Gassing sekertaris Kelurahan Bontomarannu.

Menurut pengagas pelatihan ini, Fatmawati, deterjen dari garam bukan hal baru. “Kita ingin agar masyarakat tahu sehingga dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat khususnya daerah penghasil garam,”katanya disela acara, yang didampingi Makbul, Ketua Pelaksana.