Google Rayakan Ultah ke-83 Eduard Khil

by

NEW YORK,Beritajeneponto.com – Situs mesin pencari ternama Google kembali menurunkan Doodle hari ini Senin (4/9/2017). Tema Google kali ini mengangkat nama Eduard Khil.

Doodle itu muncul secara global atau hampir di semua situs Google di dunia. Di halaman doodlenya tertulis judul artikel “Eduard Khil’s 83rd Birthday”. Doodle ini menjajikan animasi dalam bentuk video.

Muncul dalam video itu seorang pria di di depan dekorasi panggung. Dia lalu diiringi sebuah lagu latar yang fenomenal. Siapa dia? Jawabnya adalah Eduard Khil.

Pemyanyi bariton kelahiran Rusia tahun 1934 dengan nama lengkap Eduard Anatolyevich Khil. Di Rusia dia sempat menjadi idola dan menyabet banyak penghargaan.

Pada 2010, Eduard Khil kembali heboh dan viral ketika rekaman videonya beredar di internet. Rekaman itu memperlihatkan Eduard Khil ketika menyanyikan sebuah lagu non-lexical yang liriknya hanya berisi senandungan tanpa kata-kata. Sehingga netizen ramai membuat meme lagu “Mr. Trololo” itu.

“Mr. Trololo” yang dinyanyikan Eduard Khil merupakan versi non-lexical dari lagu berjudul “I am very glad, as I’m finally returning back home” dalam bahasa Rusia. Hal ini juga menjadi inpirasi doodle menggambarkan Eduard Khil di situs Google.

Eduard Khil meninggal dunia usia pada 2012 di usia 77 tahun. Dia menderita serangan stroke. Lihat video doodlenya di sini.