Diduga Joki CPNS Kemenkumham, Perempuan di Makasaar Dilapor Polisi dan Blacklist ASN

by

MAKASSAR,Beritajeneponto.com – Dugaan perjokian pada ujian CAT CPNS Kemenkumham terkuak. Seorang peserta berinisial NF, kedapatan membawa kamera saat ujian.

Perempuan tersebut membunyikan kamera di dalam rok lalu mencoba mencurangi pengawas ujian. Sayangnya gerak mencurigakan NF tercium pemgawas saat peserta CPNS itu ke WC.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulsel Subhan Joer, membenarkan kejadian itu. Pihaknya mengaku telah melakukan introgasi. “Kami sudah melakukan introgasi. Ada kamera disembunyikan katanya kerjasama sama sepupu,”kata Subhan.

Subhan dan panitia pelaksanaan tes CAT oleh calon PNS Kemenkumham Sulsel di Kampus STIE Amkop itu melaporkan kepihak berwajib. “Sudah kami laporkan ke Mapolsek Panakukang. Pengakuannya bukan jaringan tapi sepupunya. Seharusnya polisi bisa membongkar ini dengan berbekal informasi dari NF,”pinta Subhan Djoer.

Adapun modus peserta ini katanya, merekam soal-soal yang terpampang di layar monitor. “Secara otomatis soal itu terkirim ke monitor joki yang ada di luar. Joki membacakan jawaban yang benar melalui alat pendengar yang ditanam di telinga,”ujar Subhan.

Kata dia, ruang tes sudah disterilkan untuk sinyal, sehingga jaringan lemah. “Makanya yang bersangkutan izin ke WC. Tapi terlalu lama akhirnya petugas menjemput di WC dan ketahuan,”bebernya lagi.

Selain dilaporkan ke polisi, CPNS tetsebut dimasukkan dalam daftar hitam atau black list. Peserta tersebut tidak akan diberi kesempatan kembali untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).