Muat Judul “ASU”, Seword.com Panik?

by

JAKARTA,Beritajeneponto.com – Situs media online SEWORD.com sedang viral setelah mendapat banyak kritik soal judul berita “ASU”. SEWORD bahkan terancam dilaporkan ke Kemkominfo terkait penyebaran berita negatif tersebut.

Bagaimana tidak, akhir-akhir ini viral judul berita yang dimuat situs SEWORD yang banyak dibagikan warganet. Situs tersebut disebut sejumlah kalangan menulis info negatif. Situs seword.com memuat tulisan bertajuk “Alhamdulilah, Per Pertengahan Oktober Nanti ASU Memimpin Jakarta”. Tulisan itu menyingkat nama pasangan Gubernur/Wagub DKI terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno menjadi “ASU”. Dalam bahasa Jawa, ‘Asu’ berarti anjing.

Pada akhirnya terbitan berita tersebut diperbarui bahkan dihapus. Sayangnya, beberapa rekaman tampilan telah beredar di sosial media. Bahkan situs Google yang menyimpan riwayat website masih memuat link dan tampilan saat berita pertama kali diterbitkan. Hal itu membuat Ketua Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak angkat bicara. Pihaknya berniat akan melaporkan Seword ke Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo).

Menurut Dahnil, Seword terus melakukan ujaran-ujaran yang negatif sebab faktor ketidakadilan hukum dan ekonomi yang dipertontonkan aparat pemerintah begitu jelas saat ini.

“Misalkan saja memproduksi hoax yang merugikan pemerintah itu cepat sekali ditangkap. Kalau menguntungkan pemerintah, ini aman-aman saja. Seword ini kan sudah lama jadi kekawatiran kita. Jadi saran saya Menkominfo segera tutup ini,” kata Dahnil (04/10).

Dahnil menegaskan situs semacam Seword lah dibalik produksi hoax yang bertebaran di dunia maya. Dia menyebutnya sebagai sampah peradaban. “Bagi saya model Seword ini produsen hoax, sampah peradaban,” tandas Dahnil. Belum ada tanggapan resmi situs SEWORD soal rencana pelaporan tersebut.